Simak Cara Memilih Usaha Bagi Pemula

Simak Cara Memilih Usaha Bagi Pemula! 

Bagi anda yang merupakan pemula dalam bidang bisnis, sebaiknya anda mempelajari cara memilih usaha bagi pemula terlebih dahulu sebelum memutuskan menjalankan usaha tersebut. Memilih sebuah bisnis tentunya dilakukan dengan mempertimbangkan berbagai hal karen adalm berbisnis banyak yang kita pertaruhkan. Selain waktu, tenaga, modal materi seperti uang juga harus butuhkan untuk menjalankan bisnis. Jika tidak memilih usaha yang memang menjanjikan dan sesuai dengan kemampuan anda maka bisa jadi kesempatan ruginya lebih besar.

 Faktor Menentukan Usaha

    Mari langsung saja kita bahas apa saja faktor atau hal penting yang harus dipertimbangkan jika kita ingin memilih sebuah usaha terutama bagi pemula.

  1. Modal

Untuk pemula sebaiknya pilihlah usaha yang memang sesuai dengan kemampuan modal yang bisa anda siapkan. Tidak masalah menggunakan pinjaman jika ingin menjalankan bisnis, namun untuk pemula yang belum terlalu berpengalaman sebaiknya mulai dasi usaha yang modal tidak terlalu banyak untuk mengatasi kerugian yang kerap kali dialami oleh pebisnis pemula.

  1. Jenis Usaha

Faktor lainnya tidak lain yaitu jenis usaha yang akan anda jalankan. Disarankan, bagi pemula menjalankan usaha yang disukainya agar lebih dalam menjalankannya anda menikmati setiap waktunya. Dengan membuat usaha dalam bidang yang anda sukai, ide dan inovasi untuk mengembangkan usaha juga akan lebih mudah muncul. Karena inovasi sangatlah diperlukan dalan menjalankan usaha untuk dapat bertahan dan mengatasi masalah persaingan dengan pebisnis lain yang bergerak di bidang yang sama.

  1. Perkembangan usaha

Selanjutnya, perkembangan atau progress sebuah usaha kedepannya juga perlu anda cantumkan dalam list faktor menentukan usaha. Banyak usaha musiman yang hanya ramai dalam waktu yang singkat saja. Bisnis yang berhasil adalah bisnis yang dapat bertahan lama dan stabil, bukan hanya ramai pada saat tertentu saja. Makanya sebelum memilih sebuah usaha, ada baiknya anda memepelajari cara memilih usaha bagi pemula dan memprediksi progress bisnis tersebut di masa depan dengan berbagai hal yang berkaitan dengan usaha tersebut.

  1. Resiko yang dimiliki

Jangan lupa juga untuk memilih usaha yang memiliki tingkat resikonya rendah. misalnya anda memilih untuk menjalankan bisnis ilegal, maka resiko yang harus anda hadapi adalah berurusan dengan pihak berwenang. Sedangkan kita menginginkan hal yang lancar saja saat menjalankan usaha, jadi sebaiknya hindarilah usaha dengan resiko besar yang nantinya dapat merugikan anda.

 

Usaha Paling Cocok Untuk Pemula 

Jika anda adalah pemula dalam bidang bisnis, pemilihan sebuah usaha dapat sebaiknya anda pertimbangakn dengan matang. Karena fase pemilihan usaha yang pertama merupakan tempat dimana anda belajar memahami bagaimana menjalankan bisnis yang baik serta lancar. Jadi sebelum belajar cara memilih usaha untuk pemula, mari kita lihat jenis usaha apa saja yang cocok untuk pemula.

  1. Usaha Pulsa

Di zaman yang serba digital ini, pulsa bisa kita anggap sebuah hal yang sangat penting dan dibutuhkan bagi hampir setiap orang. apalagi sekarang banyak aplikais pulsa terlengkap yang juga dapat digunakan untuk melakukan berbagia pembayaran dengan cara yang lebih cepat dan juga mudah.

  1. Usaha Makanan

Makanan merupakan kebutuhan setiap orang, dan inovasi dalam bidang makanan masih sangat banyak sehingga usaha yang satu ini cukup menjanjikan bagi para pemula yang ingin memulai usahanya.

  1. Usaha Online Dropshipper

Usaha lainnya adalah dengan menjadi online dropshipper dimana anda bisa mendapatkan keuntungan dengan menjual produk orang lain tanpa memilikinya. Selain modalnya yang minimum yaitu jaringan internet, usaha yang satu ini juga sangat menjanjikan. Banyak orang yang lebih hobi belanja online sekarang dibandingkan dengan belanja offline yang memakan banyak waktu dan juga tenaga.

  1. Toko HP

Selain pulsa, hp juga merupakan barang yang sulit dipisahkan dari masyarakat sekarang ini. bahkan anak kecil sekalipun telah mengenal apa itu hp atau android. Tentu saja usaha jual hp ini banyak pelanggannya meskipun saingannya juga tidak kalah banyak.

  1. Penulis

Usaha lainnya cocok untuk anda yang hobi menulis. Tentu saja modal utama untuk menjadi penulis adalah media menulis, waktu, dan tenaga anda. jika ditekuni, usaha yang satu ini sangatlah menjanjikan.

Usaha lainnya yang cocok untuk anda yang pemula adalah bisnis online dimana semakin banyak saja marketplace yang bisa anda gunakan untuk menjalankan bisnis ini. Apalagi sekarang ini adalah segala sesuatu telah mengandalkan barang digital dan juga banyak dilakukan dalam dunia maya. Untuk anda yang ingin memulai sebuah usaha, mempelajari cara memilih usaha untuk pemula merupakan hal yang sebaiknya dilakukan mengingat menjalankan usaha merupakan sesuatu yang bukan main-main. Banyak yang harus kita pertaruhkan saat menjalankan usaha.

 

Tips Usaha Supaya Langgeng 

Jika sudah mengetahui apa saja faktor yang akan mempengaruhi sebuah usaha serta usaha apa saja yang cocok untuk pemula, saatnya memulai usaha. Memulai sebuah usaha mungkin mudah, namun untuk mempertahankan usaha tersebut agar tetap berjalan adalah hal yang cukup sulit. Banyak yang berhasil memulai usaha dengan baik tapi berakhir dalam waktu singkat. Untuk itu, jika anda ingin bertahan dalam bisnis yang anda jalani, maka simak dulu tips-tips berikut ini:

  1. Selalu hadir dengan inovasi baru

Menjadi pebisnis haruslah kreatif, apapun bisnis yang anda geluti,  kreatif adalah jadi hal yang wajib anda miliki dan juga pelajari. Contohnya saja jika anda bisnis menjual pakaian dimana ada banyak pesaing di sekitar anda. Apalagi jika pakaian yang anda jual merupakan pakaian jadi yang bukan hasil desain sendiri. Sudah pasti banyak baju dengan model yang sama, lalu bagaimanakah cara agar bisnis anda lebih dilirik dibandingkan dengan penjual lain? tentu saja anda harus memainkan kreatifitas anda dalam hal promosi atau marketing.

Jika tidak mungkin merubah model bajunya, maka anda bisa mendekorasi toko anda dengan sesuatu yang akan menarik pembeli untuk paling tidak sekedar ingin melihat-melihat. Dengan begitu kesempatan pelanggan akan membeli semakin besar. Sedangkan untuk anda yang jualan online, anda bisa saja mempromosikan atau mendesain website anda dengan desain yang lebih menarik.

  1. Melakukan survei harga di pasaran

Salah satu penyebab toko sepi bisa saja disebabkan oleh harga yang ditawarkan terlalu mahal atau terlalu murah sehingga pembeli mengira produk kita murahan. Untuk itu anda sebaiknya sebelum menentukan harga juga melakukan survei kecil-kecilan terhadap pebisnis lain di sekitar anda. Dari survei kita dapat mengetahui bahwa harga standar yang berlaku di pasaran. Denagn begitu anda dapat menyesuaikan harga yang anda tawarkan dengan penjual lain atau membuatnya jauh lebih murah sedikit untuk menarik pelanggan. Tentu saja penyesuaian harga juga disesuaikan dengan modal yang anda keluarkan.

  1. Mengambil supplier dengan harga yang murah namun barang kualitas bagus

Mengelola keuangan dengan memilih supplier yang tepat juga sangat penting. Pemilihan supplier atau penyetok barang dengan kualitas yang bagus dengan harga yang cukup murah. jika kita mengambil barang dengan harga murah, tidak masalah jika kita menjual barang yang sama dengan harga lebih murah dari pesaing, namun tidak rugi. Harga murah merupakan salah satu cara menarik pelanggan. Anda bisa saja memberikan beberapa diskon pada event tertentu agar pelanggan juga tertarik untuk membeli.

  1. Tidak mudah puas

Satu lagi tips yang harus dicatat supaya usaha anda langgeng atau lancar adalah tidak mudah puas. Orang yang mudah puas cenderung akan stuck dalam suatu keadaan. Jika kita sudah puas  terhadapa usaha yang kita jalani, maka kreatifitas dan inovasi tidak akan muncul. Tanpa adanya inovasi baru, anda tidak akan berhasil bersaing dalam dunia bisnis dimana zaman sekarang jika kurang kreatif dan inovatif, maka kita akan tertinggal jauh. Pembeli cenderung tertarik kepada hal yang menarik perhatian mereka. Jika sudahtertarik, pelanggan akan dengan suka rela merogoh kocek mereka meskipun harga yang anda tawarkan cukup mahal.

Kurang lebih seperti itulah tips penting jika anda ingin usaha yang anda jalankan berjalan lancar, langgeng, dan menghasilkan untung yang banyak.

 

Setelah mengetahui cara memilih usaha untuk pemula sekaligus jenis-jenis usaha yang bisa anda jadikan referensi usaha, diharapkan kita dapat memilih usaha yang paling tepat. Setiap orang memiliki kemampuan yang berbeda, apalagi dalam bidang menjalankan usaha. Sebaiknya ingat untuk memilih usaha yang sesuai dengan kemampuan anda. Akan lebih bagus jika usaha tersebut berkaitan dengan hal yang anda sukai, hobi misalnya. Menjalankan usaha yang kita sukai jauh akan lebih kita nikmati prosesnya, kita juga jauh lebih menguasai usaha tersebut karena kita tidak enggan mencari informasi seputar hal yang kita sukai.

Contoh dari usaha yang sesuai dengan hobi misalnya adalah usaha membuka toko kue. Berawal dari hobi membuat kue, anda dapat mengembangkannya menjadi peluang bisnis yang menguntungkan dengan membuat usaha di bidang kue. Selain dapat dijadikan sebagai sampingan, menjalankan usaha bisa juga dijadikan sebagai mata pencaharian utama. Seiring berjalannnya waktu, dari yang awalnya pemula anda dapat belajar lebih banyak lagi dalam menjalankan usaha dan mengembangkannya.

 

Jadi, untuk anda yang merupakan pemula dalam bidang usaha, dan masih bingung menentukan usaha yang akan anda jalankan, anda bisa belajar dulu dari hal di atas. Tak hanya cara memilih usaha untuk pemula, jenis usaha untuk pemula serta bagaimana cara menjalankan usaha yang baik dan benar sebaiknya juga anda pelajari. Semakin banyak belajar, maka anda akan semakin banyak memiliki pengalaman yang akan sangat berguna saat anda mengalami masalah dalam menjalan usaha tersebut.

Dalam berbisnis, yang terpenting adalah fokus, mau belajar, menerima kritik dan saran, sekaligus tidak cepat puas. Sikap cepat puas hanya akan mematikan ide dan inovasi yang bisa saja muncul untuk mengembangkan usaha yang anda jalankan. Yang terakhir tentu saja kerja keras dan ketekunan yang dapat mengantarkan kita kepada usaha yang lancar dan lebih besar. Tidak ada hasil yang akan  didapat begitu saja tanpa adanya kerja keras. Untuk itu jika ingin sukses dalam merintis sebuah usaha,  bekerja keras serta sabar menjalankan usaha pemula merupakan kunci terbaiknya.